PRA RAT DI KETANGGAN

Koperasi mempunyai makna kerja sama. Bagian-bagian koperasi sebagai subsistem koperasi adalah;

  1. Anggota koperasi sebagai individu yang bertindak sebagai pemilik dan konsumen akhir.
  2. Anggota koperasi sebagai pengusaha perorangan maupun kelompok yang memanfaatkan koperasi sebagai supplier atau pemasok.
  3. Koperasi sebagai badan usaha yang melayani anggota koperasi dan masyarakat.

Tujuan koperasi adalah untuk mensejahterakan anggota koperasi dan masyarakat, turut serta membangun tata perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, serta merata.

Fungsi koperasi adalah; mengembangkan serta membangun kemampuan dan potensi anggota koperasi khususnya dan masyarakat pada umumnya, berperan secara aktif dalam rangka meningkatkan dan memperbaiki kualitas kehidupan anggota koperasi dan masyarakat, memperkuat serta mengkokohkan perekonomian rakyat Indonesia sebagai dasar kekuatan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya.

Di Indonesia banyak jenis-jenis koperasi antara lain; koperasi produksi, koperasi konsumsi, koperasi jasa, simpan pinjam, dan lain-lain.

Kelebihan koperasi lebih mengutamakan kesejahteraan masyarakat, mengutamakan pelayanan terhadap anggota, keanggotaannya bersifat sukarela dan terbuka, setiap orang dapat menjadi anggota koperasi dengan membayar simpanan pokok dan simpanan wajib, , bagian SHU yang diterima anggota berdasarkan jasa masing-masing anggota.

Kelemahan koperasi tingkat kesadaran anggota koperasi secara keseluruhan sangat rendah untuk melakukan peningkatan dalam koperasi, rendahnya kesadaran anggota koperasi maka sulit memilih pengurus koperasi yang professional. Daya saing koperasi lebih rendah dibandingkan dengan badan usaha swasta yang murni bertujuan mencari keuntungan  ( laba ).

Kemarin di Ds. Ketanggan diadakan rapat dari KUD  “ Bahagia “ yang dihadiri oleh banyak warga. Mereka sangat antusias untuk mengikuti Rapat Pra RAT dari KUD. Acara dimulai saat hujan mulai turun, saat acara selesai hujannya sudah berhenti. Alkhamdulillah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan