SEDEKAH BUMI

Sedekah Bumi banyak dilaksanakan di beberapa desa. Walaupun dengan adat istiadat yang berbeda diharapkan dapat mempersatukan  semua masyarakat desa. Sedekah  Bumi adalah suatu  upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha yang telah memberikan rejeki melalui  bumi ( tanah ) berupa segala bentuk hasil bumi.

 

Tradisi sedekah bumi  merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun dari nenek moyang  terdahulu. Biasanya dilakukan masyarakat Jawa yang  berprofesi  sebagai petani, nelayan yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak family untuk mengais rejeki dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Upacara tradisional sedekah bumi sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak akan mampu terpisahkan dari budaya Jawa.

Dalam acara Sedekah Bumi biasanya seluruh masyarakat yang merayakannya berkumpul menadi satu di Balai Desa dengan membawa ambengan. Setelah berkumpul berdoa bersama sebagai rasa syukur atas hasil bumi di Desa.

Dalam acara Sedekah Bumi diharapkan semua warga dapat ikut berperan serta , baik dari semua aparatur desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan masyarakat pada umumnya. Pada hari Selasa Tanggal 30 Juli 2019 di Ds. Ketaggan diadakan acara Sedekah Bumi.

Ada berbagai rangkaian acara, banyak masyarakat yang antusias dalam acara ini. Dimulai pada hari Senin malam dengan acara tahtimul Qur’an. Kemudian dilanjutkan selasa Kethoprak “ Kridho Carito “. Sorenya ada karnaval jolen, barongan, drumband, dan lain sebagainya.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan